Sego Tempong, mencicipi nikmatnya kuliner Khas Banyuwangi

Sego Tempong, mencicipi nikmatnya kuliner Khas Banyuwangi
Banyuwangi, kota yang terletak di ujung selatan pulau Jawa ini memang mempunyai daya tarik tersendiri, selain terkenal dengan beberapa destinasi wisata yang menawan, Banyuwangi juga memiliki daya tarik tersendiri dari segi tradisi dan kulinernya.
Dalam segi tradisi Banyuwangi memilki tradisi yang sangat unik seperti kebo-keboan, BEC ( Banyuwangi Ethno Carnival) dan Seblang, jika dalam hal kuliner Banyuwangi juga memiliki cukup banyak fariasi masakan khas yang tentunya bisa menggoyang lidah anda, dan kali ini Warung Campur akan membahas salahsatu masakan khas Banyuwangi yang menurut saya wajib anda cicipi jika anda berkunjung ke Kota Banyuwangi.

Sego Tempong, ya itulah salahsatu masakan khas Banyuwangi yang saya bicarakan tadi, nama Sego Tempong sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Nasi Tampar, kenapa tampar? Karena menu masakan Sego Tempong menggunakan sambal yang pedas, jadi rasanya seperti ditampar setelah anda memakan menu Sego Tempong ini karena rasa pedasnya.

Sebenarnya Sego Tempong sendiri adalah masakan sederhana yang biasa dimakan kebanyakan orang hususnya di wilayah Banyuwangi, konon sejarahnya di jaman dulu Sego Tempong ini adalah bekal bagi para petani yang bekerja di sawah, karena pada umumnya para petani yang bekerja di sawah atau ladang mereka tidak akan pulang jika waktu belum sore, maka dari itu setiap bekerja di sawah atau ladang mereka membawa bekal Sego Tempong ini, tapi entah dari mana awal mulanya Sego tempong yang dulunya hanya dijadikan bekal para petani jika ke sawah, sekarang menjadi sepopuler sekarang ini dan naik jabatan, yang awalnya hanya bekal para petani sekarang menjadi makanan yang dikonsumsi masyarakat umum dari berbagai kalangan, di tambah lagi sekarang sudah banyak warung-warung menyediakan menu Sego Tempong.

Menu Nasi Tempong

Karena memang sedari awal Nasi Tempong adalah makanan biasa jadi menu Nasi Tempong memang sederhana, hanya terdiri dari sepiring nasi putih panas, kuluban (sayur rebus) dengan lauk tahu goreng, tempe goreng, dadar jagung dan yang tidak mungkin ketinggalan ikan asin, dan dilengkapi dengan sambal pedas yang tebuat dari bahan-bahan mentah. Kenapa sambal mentah? Karena memang keistimewaan  Sego Tempong terletak pada sambal mentah ini.

Sego Tempong, mencicipi nikmatnya kuliner Khas Banyuwangi

Kuluban (sayur rebus) yang digunakan sebenarnya banyak fariasinya antara lain genjer, kacang panjang, terong, kubis, bayam, kangkung, selada air, daun pepaya, daun singkong dan yang mentah kemangi dan mentimun. Sambal pada Sego Tempong ini sebenarnya hampir sama dengan racikan sambal pada umumnya seperti cabe rawit, tomat, gula, garam, terasi, dan jeruk limau Cuma bedanya sambal Sego tempong disajikan dalam keadaan mentah, dan yang membedakannya lagi adalah tomatnya, karena tomat yang digunakan untuk membuat sambal Sego Tempong ini bukan tomat yang seperti biasanya, tomat yang digunakan adalah jenis tomat ranti, tomat yang permukaannya bergelombang, bagi orang Banyuwangi tomat ranti adalah tomat sayur kalau tomat yang pada umunya yang mempunyai permukaan yang halus disebut tomat buah, perbedaan tomat ranti ini dengan tomat pada umunya adalah tomat ranti memiliki kulit yang lebih tipis, bijinya lebih banyak dan kanduangn airnya juga lebih banyak dari tomat pada umumnya, dan kenapa harus menggunakan tomat ranti? Karena tomat ranti ini jika digunakan untuk membuat sambal mentah tidak “lengur” (bahasa Jawa), jadi sudah penggunaan tomat ranti dalam pembuat sambal Sego Tempong memang wajip dan penting.

Tempat Membeli Nasi Tempong

Kalau membicarakan warung yang menjual Sego Tempong sebenarnya sudah banyak yang menjual menu yang satu ini di Banyuwangi, dan bisa dibilang bisa ditemukan dimana saja di wilayah Banyuwangi, tetapi sebagai  admin  Warung Campur saya akan memberi beberapa rekomendasi dimana anda bisa menikmati Sego Tempong yang terkenal enak di Banyuwangi.

1. Warung Nasi Tempong Sukowidi milik Mbak Sum, lokasinya tidak jauh dari lampu merah Sukowidi tepatnya di selatan Bank BRI Sukowidi
2.Warung Buk Nah, lokasinya di daerah Kertosari
3. Nasi Tempong Mbak Nah, lokasinya di jalan Kolonel Sugiono 16 Banyuwangi
4. Warung Nasi Tempong milik Holisa, lokasinya di jalan Thamrin Banyuwangi
5. Nasi Tempong Mak Wah, lokasinya dekat stasiun Karangasem banyuwangi
6. Nasi Tempong Bu Sulik, lokasinya di dekat lampu merah Genteng Wetan
7. Nasi Tempong Bu Ham, lokasinya di desa Padang, Singojuruh
8. Nasi Tempong Mbak Har, lokasinya di jalan raya Benculuk
9. Warung Nasi Tempong Mbok Titin, lokasinya di jalan Gatot Subroto Ketapang, Banyuwangi


Itulah beberapa warung yang saya rekomendasikan buat anda yang ingin menikamti lezatnya Sego tempong di wilayah Banyuwangi, tentunya masih banyak warung atau tempat makan yang menjual Sego Tempong yang enak, tapi karena terbatasnya waktu jadi saya belum sempat melakukan percobaan yang lebih menyeluruh. Tetapi jika anda masih kesulitan mencari tempat yang saya sarankan anda tidak perlu cemas karen sebenarnya di Banyuwangi sangatlah banyak tempat makan atau warung yang bisa anda singgahi untuk menikmati Sego tempong.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Warung Campur
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas