Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi, Amazon di Indonesia

Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi, Amazon di Indonesia
Hutan Mangrove Bedul atau yang biasa disebut oleh warga sekitar Hutan Mangrove Blok Bedul merupakan destinasi wisata eksotis di Banyuwangi yang tercipta oleh wujud komitmen dan kerjasama antara Pemerintah Desa Sumberasri dan Balai Taman Nasional Alas Purwo, seuai dengan namanya destinasi wisata ini merupakan hutan mangrove yang sangat luas dan masih alami, dan luas dari Hutan Mangrove ini sekitar 2.300 hektar yang membetang sejauh 16 km.

Hutan Mangrove Blok Bedul masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, dan yang memisahkan antara pantai Grajagan dengan Pantai Plengkung, nama Bedul sendiri di ambil dari nama ikan yang banyak di temukan di wilayah ini, ikan bedul merupakan salahsatu jenis dari ikan gabus yang memiliki sirip di punggungnya.
Kawasan Hutan Mangrove Blok Bedul merupakan bagian hilir dari daerah aliran sungai Stail dan membentuk sebuah rawa air payau yang disebut Segara Anak, atau oleh warga sekitat disebut Segara Anakan, Segara Anak memiliki panjang sekitar 18,8 km dan lebar sekitar 400 meter dan terhubung dengan laut selatan, dan bagian kanan kiri Segara Anak dipadati dengan beragam jenis Mangrove atau Bakau yang tumbuh lebat dan subur.
Mendapat julukan wisata Hutan Mangrove saya rasa tidaklah berlebihan untuk tempat ini, karena memang di tempat ini banyak sekali di tumbuhi mangrove atau bakau yang membentang luas sejauh mata memandang, terhitung sekitar 27 jenis mangrove dari 16 famili yang tumbuh subur di Hutan Mangrove Blok Bedul ini. 
Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi, Amazon di Indonesia

Selain mempunyai berbagai macam jenis Mangrove yang tumbuh subur di tempat ini, disini anda juga bisa menjumpai beberapa binatang yang hidup di alam liar seperti monyet, bangau, burung elang dan biawak, namun yang paling mudah dijumpai adalah monyet karena monyet di tempat ini memang banyak dan bebas berkeliaran.
Bahkan jika anda beruntung anda bisa melihat beberapa jenis burung migran yang datang dari Australia, tercatat sekitar 16 jenis burung yang datang ke tempat ini untuk bermigrasi diantaranya seperti cekakak suci burung kirik-kirik laut, trinil pantai dan trinil semak.

Tempat wisata yang satu ini selain kaya akan flora dan fauna yang beraneka ragam,jika Segara Anak sedang surut dan bertepatan dengan musim kerang anda juga bisa menikmati pemandangan warga sekitar pada waktu mencari kerang dan para nelayan yang sedang menjaring ikan, tentu saja anda juga bisa langsung membeli kerang atau ikan tangkapan mereka dengan harga yang cukup terjangkau dan yang pasti kesegaran dari kerang dan ikan yang anda beli tidak perlu ditanyakan lagi.

Rute Dan Jalur Menuju Wisata Hutan Mangrove Blok Bedul

Hutan Mangrove Blok Bedul terletak di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, dan saya sarankan jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini lebih baik anda menggunakan kendaraan pribadi entah itu motor ataupun mobil, karena sampai saat ini tidak ada angkutan umum yang mempunyai trayek sampai ke tempat ini, walaupun ada, cuma sekedar bus yang jurusan Banyuwangi, Jember dan itupun Cuma bisa sampai di pertigaan Benculuk, untuk seterusnya anda harus menyewa jasa ojek ataupun mencari tempat penyewaan kendaraan bermotor terdekat.

Jalur Yang Harus Di Ambil
Dari arah Banyuwangi - Rogojampi - Srono - Muncar - Tegaldlimo - Sumberasri - Bedul
Dari arah Banyuwangi - Rogojampi - benculuk - Purwoharjo - Sumberasri - Bedul
Dari arah Jember - Jajag - Benculuk - Purwoharjo - Suberasri – Bedul

Aktifitas menarik yang bisa lakukan di Hutan Mangrove Blok Bedul


1. Perahu Gondang-Gandung
Perahu Gondang-Gandung
Aktifitas menarik yang pertama jika anda berkunjung ke Hutan Mangrove Blok Bedul adalah menaiki Perahu Gondang-Gandung, begitulah warga sekitar menyebutnya, Perahu Gondang-Gandung adalah perahu yang digabungkan menjadi satu dan di berlantai kayu beserta kursi dan dengan beratapkan terpal, dengan perahu ini anda bisa menyusuri kawasan Segara Anak dan menikmati pemandangan hutang mangrove di kanan kiri Segara Anak.

2. Sungai Kere
Sungai Kere
Waktu anda menyusuri Segara Anak dengan Perahu Gondang-Gandung tak lengkap rasanya jika anda tidak singgah ke Sungai Kere, Sungai Kere adalah tempat peristirahan para nelayan setempat untuk singgah, di tempat ini ada beberapa gubuk-gubuk di pinggir hutan bakau yang biasanya dipakai para nelayan untuk beristirahat, dan di tempat ini pula biasanya para wisatawan asing menyebutnya sebagai Amazon di Indonesia, karena pemandangan ditambah dengan suara-suara binatang yang bisa anda dengar jelas di tempat inilah yang membuat para wisatawan asing menyebutnya sebagai Amazon di Indonesia.

3. Pantai Bedul
Pantai Bedul
 Selanjutnya tempat yang bisa anda singgahi adalah Pantai Bedul, dan menurut saya jika anda singgah ke Pantai Bedul anda akan mendapatkan dua paket kesenangan sekaligus, karena setelah anda menyebrangi sisi lain dari Segara Anak dan berjalan sektar 1 km untuk menuju Pantai Bedul, selama perjalanan anda akan dengan mudah menjumpai moyet-monyet berkeliaran dengan bebas, dan monyet-monyet disini lumayan bersahabat dengan para wisatawan yang datang apa lagi jika wisatawan yang adatang membawa makan, hehehehehehehehe.

4. Pantai Cungur
Pantai Cungur
Setelah itu sebaiknya anda juga singgah ke Pantai Cungur, Pantai Cungur merupakan daratan hutan pantai yang hanya dibatasi oleh pasang surutnya air lau yang masuk dari Samudera Hindia ke dalam Segara Anak, pantai yang satu ini merupakan habitat bagi burung-burung air untuk berkembang biak dan mencari makanan, dan disinal setiap tahunnya tempat para burung migrant yang berasal dari Australia singgah, dan biasanya para wisatawan yang mempunya kecintaan terhadap burung, peneliti atau fotografer datang ke tempat ini dan dijadikan tempat favorit.


5. Selfie Di Dermaga
Selfie Di Dermaga
Sebenarnya kalau menurut saya berfoto di tempat wisata itu sudah menjadi keharusan dan tidak mungkin terlewatkan, dan apa lagi spot foto yang ada di Hutan Mangrove Blok Bedul ini juga banyak yang bagus-bagus, akan tetapi kalau menurut saya pribadi spot foto yang paling bagus di sini adalah Dermaga yang membentang sepanjang 225 meter, dan di dermaga inilah petualangan anda di mulai jika berkunjung ke Hutan Mangrove Blok Bedul, karena disinlah tempat untuk anda bisa menaiki Perahu Gondang-Gandung.

6. Memancing
Memancing
Jika anda yang menyuaki aktifitas memancing di tempat ini anda juga bisa memancing dengan menyewa perahu ataupun memancing dari tepi Segara Anak, di Segara Anak selain airnya yang tenang di sini juga melimpah akan ikan-ikannya antara lai seperti ikan kerapu, ikan Putihan dan tidak ketinggalan pula ikan Bedul, yang menjadi nama dari tempat ini, selain itu di tempat ini juga ada ikan yang unik, warga sekitar menyebutnya ikan Glodok, ikan ini bisa berjalan didarat dengan menggunakan siripnya, sebenarnya ikan Glodok adalah jenis ikan amfibi yang bisa berjalan di daratan, maka dari itu ikan ini oleh ilmuan dari barat diberi nama mudskipper si peloncat di lumpur.

7. Mandi Terapi
Selain menjadi tempat wisata Hutan Mangrove Blok Bedul biasanya juga dikunjungi bangi mereka yang ingin terapi dengan mandi di pancuran air yang berada di sini, sebenarnya pancuran air ini tidak muncul secara tiba-tiba akan tetapi kata warga sekitar waktu pengeboran sumur baru mencapai kedalaman 32 meter air sudah muncul, sedangkan biasanya di daerah ini jika melakukan pengeboran untuk sumur, air baru keluar setelah kedalaman lebih dari 50 meter, dank arena faktor inilah air sumur ini dianggap ajaib dan digunakan untuk mandi terapi.


Bagaimana apa anda sudah tertari datang ke Hutan Mangrove Blok Bedul ini, dan menikmati keindahan alam yang mempesona di tempat ini, jika iya maka segeralah datang ke Hutan Mangrove Blok Bedul yang terletak di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar:

  1. Tempat yang paling banyak digunakan untuk ambil foto yang mana gan? Indonesia memang memiliki banyak sekali tempat pariwisata yang terkenal gan

    BalasHapus

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Warung Campur
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas