Keeksotisan Pantai Pulau Merah Banyuwangi, pantai yang diminati wisatawan asing

Keeksotisan Pantai Pulau Merah Banyuwangi, pantai yang diminati wisatawan asing
Berbicara tentang destinasi wisata yang mempunyai pesona yang indah memang tidak akan pernah ada habisnya, tapi untuk sekarang-sekarang ini menurut  saya destinasi wisata yang paling banyak digemari adalah destinasi wisata alam. Dan kali ini Warung Campur akan membahas tentang salah satu wisata alam yang populer di wilayah Banyuwangi.

Red Islan Beach atau Pantai Pulau merah adalah salah satu wisata alam yang berada di wilayah Banyuwangi, tepatnya masuk wilayah Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, kenapa namanya Pantai Pulau Merah? Karena di pantai ini ada sebuah pulau kecil yang mempunya bentu seperti gunung yang oleh warga sekitar diberi nama Pulau Merah, sebenarnya dulu nama pantai ini bukanlah Pantai Pulau Merah tapi Pantai Ringin Pintu, entah sampai kapan nama pantai ini berubah menjadi Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah saat ini adalah salahsatu destinasi wisata yang banyak dilirik wisatawan, mulain wisatawan lokal, luar kota bahkan sampai wisatawan luar negri juga banyak yang berdatangan ke pantai ini, dengan luas pantai sejauh 3 Km dengan hamparan pasir putih yang memikat desertai dengan jernihnya air yang berada di pantai ini pastinya sudah membuat para wisatawan dimanjakan dengan panorama keindahan pantai ini, apalagi ditambah dengan pemandangan pulau cantik setinggi 200 M semakin menambah pesona keindahan pantai ini.

Keeksotisan Pantai Pulau Merah Banyuwangi, pantai yang diminati wisatawan asing

Selain panorama pantainya yang menawan Pantai Pulau merah juga memiliki ombak yang bagus yang cocok digunakan untuk olahraga surfing atau selancar, apalagi dengan posisi pantai yang sedikit menjorok kedalam dan tidak memiliki banyak bantu karang menjadikan pantai ini sebagai tempat berselancar yang pas untuk para profesional maupun yang masih pemula. Karena angin laut Pantai Pulau Merah boleh dibilang lumayan kencang sehingga menyebabkan gelombang lautnya relatif tinggi, dan ketinggian ombak di Pantai Pulau Merah bisa mencapai 4-5 meter, maka tidak heran kalau Pantai Pulau Merah menjadi salahsatu spot berselancar yang banyak diminati oleh wisatawan, bahkan saat ini setiap harinya banyak Surfer mulai dari dalam dan luar negri yang berdatangan untuk menikmati ombak Pantai Pulau Merah.

Bagi anda yang ingin berlibur ke Pantai Pulau merah dan ingin menikmati berselancar, anda tidak perlu repot-repot membawa papan selancar sendiri karena anda bisa menyewa papan selancar di kawasan pantai yang memang sudah disediakan tempat penyewaan oleh pihak pengelola pantai, kalau masalah harga anda tidak perlu kuatir, harganya relatif murah hanya sebesar 25-50 ribu dan anda bisa berselancar sepuasnya, catatan harga sewaktu-waktu bisa berubah.
Keeksotisan Pantai Pulau Merah Banyuwangi, pantai yang diminati wisatawan asing

Apa cuma itu yang ada di pantai Pulau Merah? Tentu saja tidak, di pantai ini anda juga bisa melakukan snorkeling, selain ombaknya pemandangan bawah laut di kawasan Pantai Pulai Merah juga tidak kalah indah, dan untuk perlengkapan snorkeling juga sudah ada tempat penyewaan yang telah disediakan oleh pihak pengelola pantai.
Keeksotisan Pantai Pulau Merah Banyuwangi, pantai yang diminati wisatawan asing

Apa sudah tidak ada lagi yang lainnya? Tentu ada, anda tidak perlu kuatir, bagi anda yang suka memancing, anda bisa menyewa perahu tradisional milik warga sekitar kawasan Pantai Pulau Merah dan menemani anda pergi memancing ke tengah laut, dan sepulangnya dari memancing anda bisa langsung meminta salah satu tempat makan dikawasan pantai untuk memasak ikan tangkapan anda tadi, karena saya tahu tidak ada ikan yang lebih enak dari ikan tangkapan sendiri dengan bersusah payah.
Sudah habiskah? Masih ada lagi kok tenang saja, jika waktu air laut surut anda bisa berjalan-jalan ke tengah laut untuk menaiki Bukit Pulau merah, dari bukit ini anda bisa menikmati pemandangan laut lepas dan juga pemandangan eksotis yang mengelilingi pantai Pulau Merah.

Dan tidak jauh dari Pantai Pulau Merah juga terdapat sebuah Pura, yaitu Pura Tawang Alun. Pura ini dibangun pada tahun 1980-an. Selain digunakan untuk tempat sembahyang oleh warga setempat, Pura ini juga sering mendapatkan kunjungan dari umat hindu dari seluruh Indonesia, khususnya pengunjung yang berasal dari Bali dan Bromo, dan uniknya Pura ini saat dulu wilayah ini diterjang oleh tsunami pada tahun 1994 dan ikut terhantam ombak, bagian dalam Pura ini yang disebut palinggih Padmasana tidak mengalami kerusakan berarti, padahal tembok yang mengelilingi puran ini hancur berantakan karena di terjang oleh ombak.

Keeksotisan Pantai Pulau Merah Banyuwangi, pantai yang diminati wisatawan asing

Tentang keamanan di pantai Pulau merah anda tidak perlu kuatir karena pihak pengelola pantai sudah menyediakan anggota keamana yang siap menjaga keamanan para pengunjung, dan juga di pantai ini sudah dibangun menara pengawas yang mempunya tinggi 5 meter untuk memantau semua wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pulau Merah, dan beberapa pengawas juga berjaga di area pantai yang siap membantu para wisatawan yang mengalami masalah.
Kalau masalah kebersihan pantai tidak perlu diragukan lagi, karena pihak pengelola pantai juga sudah menyiapkan penjaga kebersihan yang setiap hari membersihkan area pantai dari sampah alam maupun sampah yang ditinggalkan oleh para wisatawan, setidaknya ada 5 gerobak sampah yang setiap harinya bertugas membersihkan sampah di are pantai, dan juga di beberapa lokasi sudah desediakan pula tempat sampah yang disediakan oleh para pengelola pantai.


Saya dari luar kota dan ingin berlibur ke Pantai Pulau Merah dan tidak ada saudara disana? Bagi anda yang datang dari luar kota anda tidak perlu bingung karena di wilayah pantai Pulau merah sudah banyak tempat-tempat yang menyewakan homestay untuk anda menginap, dan kalau masalah harga anda tidak perlu kuatir karena harganya relatif murah dan tidak membuat kantong anda kebobolan.
Anda dapat memilih homestay sesusai dengan fasilitas yang anda inginkan. Fasilitas homestay yang diberikan, seperti kamar tidur, bed, TV, AC dsb tergantung dari harga yang anda inginkan.


Bagi anda wisatawan yang berasal dari luar kota dan ingin berlibur ke Pantai Pulau Merah, anda harus rela menempuh perjalanan sejauh 60 Kilometer dari pusat kota banyuwangi.
Rute dari arah selatan Banyuwangi ini melalui jalan-jalan pedesaan dan perbukitan, dan menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam dari arah pusat kota Banyuwangi, rute yang dilewai pun terbilang mudah karena disetiap persimpangan sudah ada penunjuk jalan yang mengarah ke Pantai Pulau Merah.
jika anda berwisata dengan menggunakan kendaraan umum untuk ke pantai Pulau Merah, anda dapat menggunakan bisa jurusan Pesanggaran, dan selanjutnya anda teruskan dengan naik ojek menuju Pantai Pulau Merah, dan jika anda dari arah Jember, anda dapat turun di Terminal jajag, kemudian ganti dengan naik bis Jurusan Pesanggaran.
Dan jika anda naik pesawat dan turun di Bandara Blimbingsari menurut saya sebaiknya anda mennyewa kendaraan untuk menuju ke Pantai Pulau Merah
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

3 komentar:

  1. Banyuwangi sekarang sedang naik daun gan masalah pariwisata

    BalasHapus
  2. wah bagus banget pemandangannya. Makasih udah share min, bisa dijadikan toplist referensi kalo pergi ke banyuwangi

    BalasHapus
  3. Mantap gan pantai pulau merah emang paling recomended lah buat jalan jalan bisa jadi referensi buat liburan

    BalasHapus

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Warung Campur
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas