Indahnya Wisata Alam, Kekayaan Wisata Alam Songgon

Wisata Alam, Kekayaan Wisata Alam Songgon
Songgon, mendengar nama itu pastilah masih asing ditelingan anda, karena memang letaknya yang cukup pelosok dan jauh dari kota. Akan tetapi walau Songgon jauh dari daerah perkotaan namun Songgon cukup populer untuk penimat buah khususnya di wilayah Banyuwangi, Desa Songgon letaknya sekitar 30 KM dari pusat kota Banyuwangi dan letaknya di kaki gunung raung.

Bagi masyarakat Banyuwangi jika pada waktu musim buah Songgon adalah pemasok buah tertinggi di wilayah Banyuwangi buah yang di panen di Songgon bermacam-macam antara lain seperti durian, rambutan, manggis, dan lansat dan masih ada yang lainnya lagi, akan tetapi buah yang paling populer di Songgon adalah buah duriannya, jika waktu musim durian orang-orang banyak yang berdatangan ke desa Songgon hanya untuk berburu durian di pasar Songgon, cukup sekian dulu pembahasan tentang popularitas Songgon tentang buahnya karena yang ingin saya bahas kali ini adalah tempat wisata yang berada di Songgon.

Karena letak Desa Songgon berada di bawah kaki gunung raung jadi banyak destinasi wisata alam yang berada di Songgon dan beberapa di antaranya sudah terkenal sampai luar kota, dan kali ini Warung Campur akan membahas tentang tempat wisata yang berada di Songgon mulai yang sudah terkenal sampai yang masih baru dikenal oleh orang-orang, tapi jangan salah walau wisata baru tapi tidak kalah dengan yang sudah terkenal kok.

1. Air terjun lider
Air terjun lider

Wisata alam yang pertama adalah air terjun lider, air terjun lider ini berada di di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Air terjun lider memiliki ketinggian  60 meter dengan ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut.
Yang membuat air terjun Lider terlihat indah dan mempesona adalah dinding tebing dua jurang yang menghimpitnya. Dinding tebing dua jurang itu berupa batu-batu besar yang berdimensi rata. Serta di sekitar Air Terjun Lider juga terdapat empat air terjun lain yang merupakan bagian dari air terjun utamanya.

2. Rawa Bayu / Rowo Bayu
Rawa Bayu / Rowo Bayu

Seperti namanya Rawa Bayu tempat wisata yang satu ini adalah sebuah rawa alami yang terletak di Desa Bayu Kecamatan songgon, disekitar rawa masih asri dengan tumbuhan dan pepohanan yang masih masuk kawasan hutan lindung. Rowo Bayu juga terkenal dengan sejarahnya, sejarah tentang Blambangan yang penuh linangan air mata dan tetesan darah. Di salah satu sudut di pinggir telaga itu juga terdapat petilasan Raja Blambangan Tawang Alun ketika bersemedi merenungi kematian dua adiknya, yang berperang melawan dirinya.

3. Air terjun selendang arum
Air terjun selendang arum

Selain air terjun lider songgon juga memiliki air terjun yang lainnya, yaitu air terjun selndang arum yang terletak di Desa Sumber Arum Kecamatan Songgon, air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dan keistimewaan air terjun yang satu adalah terlihat dari dinding tebing yang dialiri air. Bebatuan licin ini memancarkan kilauan saat cuaca cerah. Asal usul nama Selendang Arum dikarenakan bentuk bebatuannya mirip selendang.

4. Pemandian alam Mbulu Indah
Pemandian alam Mbulu Indah

Kalau yang satu ini adalah pemandian alami yang terletak di desa Sumber Bulu Kecamatan Songgon, pada awalnya pemandia alam ini hanyalah sebuah alira untuk mengaliri irigasi sawah yang berada di sepanjang aliran sungai dan jangan kuatir walau dulunya adalah saluran irigasi buat sawah tetapi pemandian alam ini posisinya berada di paling atas aliran sungai, dan airnya masih baru keluar dari tanah atau bisa dibilang sumber mata air alami. Tempat wisata yang satu ini tergolong favorit para muda mudi ya walaupun banyak juga keluarga besar yang berlibur kesana, alasan sederhana karena ditempat ini tidak perlu bayar untuk masuk cukup bayar parkir yang harganya sangat murah meriah.

5. Arum Jeram Sungai Badeng
Arum Jeram Sungai Badeng

Bagi anda yang suka menguji adrenalin wisata yang satu ini cocok sekali buat anda, wisata yang satu ini juga terletak di desa Sumber Bulu Kecamatan songgon tempatnya cukup dekat dengan pemandian alam Mbulu indah. Di tempat arum jeram ini para pengunjung bisa memilih sendiri paket atau trip yang ingin disiewa, trip yang pertama menempuh jarak 1,5 KM trip yang kedua menempuh jarak 4 KM dan trip yang ketiga menempuh jarak 7 KM dan kalau masalah harga tidak perlu resah karena harga yang dipatok cukup terjangkau berkisaran antara 50-100 ribu per kepala, bagai mana nada tertarik segera kunjungi wisata yang satu ini.

6. Rumah Pohon Sumberbulu
Rumah Pohon Sumberbulu

Bagi anda yang suka foto selfie tempat wisata yang satu ini adalah tempat yang sempurna buat anda berfoto-foto selfie, tempat wisata yang satu ini juga terletak di Desa Sumber Bulu Kecamatan Songgon tempatnya juga bersebelahan dengan jalur arum jeram sungai badeng, wisata alam yang satu ini berada diwilayah hutan pinus yang tentunya masih memiliki udara yang segar dan non polusi. Dan kalau tentang spot foto ditempat ini banyak spot foto yang sangat bagus, penasaran cepat berkunjung ya.

7. Air Terjun Telunjuk Raung
Air Terjun Telunjuk Raung

Wisata air terjun di songgon bisa dibilang bisa di acungi jempol, bagaimana tidak di wilayah songgon banyak air terjun yang bisa dijadikan destinasi wisata, salah satunya adalah Air Terjun Telunjuk Raung ini, kenapa Telunjuk Raung karena tempat air terjun ini adalah dibawah kaki gunung raung dan jika melihat ketas dari bawah air terjun akan jelas melihat gunung raung tepat diatasnya, seperti air terjunnya menunjung ke gunung raung. Wiasa Air Terjun Telunjuk Raung juga berada di desa Suber Arum kecamatan Songgon.


Bagaimana kekayaan Songgon akan wisata alamnya? Apakah anda tertarik untuk berlibur kewilayah Songgon jika iya para warga Songgon sangat menerima kedatangan anda sebagai wisatawan.

Ibuhan sedikit selain tempat wisata yang saya sebut di atas sebenarnya masih ada beberapa tempat yang layak untuk dikunjung akan tetapi tempat-tempat ini bisa dibilang belum populer bahkan banyak orang Songgon sendiri belum pernah mengunjunginya karena memang belum dibuka untuk sebuah tempat wisata, dan berikut beberapa wisata lain yang sekarang masih belum dibuka untuk tempat wisata.

1. Air Terjun Giri Asih (Desa Sumber Arum Kecamatn Songgon)

2. TEMCOR atau temor cora (Desa Sumber Arum Kecamatn Songgon)

3. Air Terjun Bayu Lor (PERKEBUNA BAYU LOR Desa Bayu Kecamatan Songgon)

4. Air Terjun Rowo bayu (Desa Bayu Kecamatan Songgon)

5. Air Terjun watu Bolong (Desa Sumber Arum Kecamatn Songgon)

6. Mata Air Tebing Sewu (Desa Bayu Kecamatan Songgon)


7. Air Terjun Bumisari (PERKEBUNAN BUMISARI)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

3 komentar:

  1. Alam di Indonesia sungguh sangat indah dan luar biasa gan... Jadi ingin pergi kesana

    BalasHapus
  2. keren om , kalau boleh tau jalurnya gampang ditempuh engga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang paling suah jalurnya air terjun lider
      karena perjalanan yang jalan kaki menyusuri hutan dan beberapakali menyebrang sungai,,,
      untuk yang lain mudah semua kok

      Hapus

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Warung Campur
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas