Sego Cawuk / Nasi Cawuk Banyuwangi, rasa gurih manis yang menggugah selera

Selain memiliki tempat wisata yang indah, Banyuwangi juga memiliki beberapa masakan khas yang wajib anda cicipi, salah satu masakan khas banyuwangi yang terkenal adalah Sego Cawuk atau Nasi Cawuk.

Berbeda dengan Sego Tempong yang identik dengan rasa pedas dan segar kalau Nasi Cawuk lebih identik dengan rasa manis dan gurih, rasa manis dan gurih dari kuliner ini berasal dari kuah pindang yang digunakan dalam menu Nasi Cawuk, kuah pindang yang digunakanpun cukup unik, karena kuah pindang ini dimasak dengan cara di Gendam, cara memasak yang cuma ada di Banyuwangi, cara memasak gendam kuah pindang yaitu dengan memanaskan gula pasir hingga menjadi caramel lalu dicampur dengan air dan dibiarkan mendidih, setelah itu dicampurkan rempah laos dan asam wadung. Terakhir adalah memasukkan ikan laut yang sudah di pindang terlebih dahulu ke dalam kuah dan dibiarkan hingga matang.


Lauk yang bisa di pesan untuk menu Nasi Cawuk juga sangat berfariasi, diantaranya seperti pepes ikan laut, kikil, dendeng, dan juga telur dan yang wajib ada di menu Nasi Cawuk adalah gecok, gecok merupakan parutan kelapa muda yang biasanya dicampur dengan teri kecil-kecil, walaupun gecok juga bisa dicampur dengan bahan lain, tapi untuk menus Nasi Cawuk gecok yang digunakan selalu gecok teri. 

Nama Nasi Cawuk sendiri diambil dari kebiasaan makan Suku Using, masyarakat asli Banyuwangi. Dahulu, sebelum ada peralatan makan seperti sendok dan garpu, masyarakat Banyuwangi makan langsung dengan menggunakan tangan. Cara makan tersebut oleh masyarakat Banyuwangi dinamakan “cawuk”.

Jika anda berkunjung ke banyuwangi dan ingin menikamti kuliner khas yang satu ini, saya sarankan anda pergi ke Dusun Prejengan, Desa Rogojampi, Kecamatan Rogojampi, 15 km selatan pusat Kabupaten Banyuwangi, karena untuk menemukan tempat makan Nasi Cawuk di daerah Banyuwangi cukup susah, karena menurut Mak Mantih selaku penjual Nasi Cawuk alasan mengapa jarang orang yang berjualan Nasi Cawuk karena terlalu banyaknya masakan yang harus di masak untuk berjualan menu yang satu ini, dan satu hal lagi yang perlu anda ketahui, jika anda ingin menikmati Nasi cawuk jangan sampai anda pergi membeli kuliner ini terlalu siang, karena kuliner yang satu ini biasa di santap dan ramai pembeli sewaktu pagi hari untuk orang-orang sarapan yang mau berangkat kerja ataupun sekolah.


Kalau masalah harga anda tidak perlu kuatir karena tidak akan membuat kantong anda bolong, harga satu porsi menu Nasi Cawuk berkisar 10 sapai 15 ribu rupiah tergantung lauk apa yang anda pilih, dan kenapa menu yang satu ini salau ramai sewaktu pagi adalah karena harganya murah dengan porsi yang pastinya membuat perut kenyang cocok menu sarapan untuk memulai aktifitas.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar:

  1. kayaknya nikmat bangeet dan menyehatkan kayaknya, besok-besok kalo ke banyuwangi icip-icip deh
    nice post

    BalasHapus
  2. astagaaaa,kmarin mampir banyuwangi ga sempet nyobain ini,pdaahal enak banget deh kayaknya

    BalasHapus

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Warung Campur
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus^^
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas